• 1
  • 2

Selamat Datang di Website Resmi MTs Negeri 1 Kota Surabaya

Pendaftaran PPDB

Login Member

Username:
Password :

Kontak Kami


MTs NEGERI 1 KOTA SURABAYA

NPSN : 20583878

Jl. Medokan Semampir Indah No. 91 Surabaya


info@mtsn1sby.sch.id

TLP : 031-5926215


          

Pencarian

Jajak Pendapat

Bagaimana tampilan website ini?
Bagus Sekali
Bagus
Cukup Bagus
Kurang Bagus
  Lihat

Statistik


Total Hits : 136344
Pengunjung : 47656
Hari ini : 12
Hits hari ini : 16
Member Online : 8
IP : 100.26.176.182
Proxy : -
Browser : Opera Mini

Status Member

  • MUHAMMAD AKBAR RIZALDI (Siswa)
    2018-10-16 18:57:33

    "Jangan Lah Kau Sombong Sesungguhnya Diatas Langit Masih Ada Langit" -I Know I'am Not Alon...
  • ZUHDA (Siswa)
    2018-10-16 18:30:11

    Assalamu Allaikum saya siswi kelas 8B
  • YULIANTO SETIAWAN (Siswa)
    2018-10-15 13:25:59

    Ayo semangat belajar rek...
  • AULIA KHOIRUN NISA (Siswa)
    2018-10-10 11:25:09

    Alhamdulillah, Tsanesakibra selalu dapat juara! Ganbatte! Bravo Matsanesa!
  • FARIDA KUSMARHENI, S.Pd (Guru)
    2018-09-04 09:56:49

    Alhamdulillah...
  • FUAD HANIF HASAN, S.Pd (Guru)
    2018-09-04 08:57:06

    Teruslah belajar, Iqra!
  • ISA ANSORI (Guru)
    2018-08-24 13:02:23

    Ayo dulur podo rukun, eleng lan waspodo...
  • FUAD HANIF HASAN, S.Pd (Guru)
    2018-08-06 11:07:10

    Bismillah.. Memulai hari di pekan ini..
  • Drs. HARTADI CONDRO PURNOMO (Guru)
    2018-07-31 17:20:48

    Ayo olahraga tiap hari minimal 15 menit, badan sehat jiwa kuat.
  • Drs. H. MUSTOFA, M.Pd (Guru)
    2018-07-31 16:50:06

    senangnya bisa bergabung di web mtsn1 sby

Tiga Karakter Siswa Zaman Now




 

Salam! Tetap semangat dan tekun belajar sepanjang hayat. Nah, ngomong-ngomong tentang belajar sepanjang hayat, pada artikel kali ini kami akan menyuguhkan kepada teman-teman tiga karakter utama pelajar zaman now. Penting bagi kita untuk selalu melihat karakter belajar kita, agar tetap bersinergi dengan perkembangan zaman dan di saat yang sama berlandaskan kuat kepada akar kebudayaan kita.

Apa saja sih tiga karakter utama pelajar zaman now itu?! Ayo, kita simak bersama!

  1. Empati

Huh?! Mengapa empati ya, yang menduduki urutan pertama?! Dengan perkembangan teknologi informasi yang mendorong pesatnya globalisasi kemampuan komunikasi dan gotong royong (kolaborasi) menjadi sangat krusial untuk dikuasai. Namun keterampilan komunikasi dan gotong royong handal tanpa dilandasi sikap empati akan berujung kepada sikap manipulatif dan oportunis.

Empati, atau dapat diartikan sebagai kemampuan untuk merasakan perasaan orang lain, menempatkan diri kita di posisi orang lain, memungkinkan kita untuk melihat lebih luas kenyataan/fenomena/peristiwa dan bahkan kasus yang sedang terjadi. Keluasan sudut pandang ini memungkinkan kita menghasilkan solusi yang berdayaguna menyeluruh, baik bagi yang terlibat atau bagi mereka yang akan terdampak. Bagaimana empatimu pada orang lain?

  1. Melek Teknologi

Dulu kita perlu ke perpustakaan untuk mencari referensi dari sebuah buku, namun kini semua hal semakin sederhana sejauh tekanan tombol jari kita. Dulu kita perlu membeli alat perekam dan alat musik lengkap untuk merekam karya musik band atau ensemble, namun kini dengan teknologi sampling kita bisa merekam gubahan musik band dengan modal satu gawai. Dulu kita perlu mengetik proposal lengkap atau menulis detil rancangan undangan, kini semua itu disediakan oleh dunia maya.

Dengan demikian kemampuan kita untuk terus mempelajari perkembangan dan program (apps) terkini menjadi pembeda apakah kita sudah hidup di zaman now atau masih terjebak di zaman old?

Berani mengaku pelajar zaman now? Gunakan gawaimu, manfaatkan teknologi untuk kemajuanmu!

  1. Melek Budaya

Moto Hari Pendidikan Nasional tahun 2018 adalah Menguatkan Pendidikan, Memajukan Kebudayaan? Nah pendidikan kita pasti dikuatkan ketika setiap pelakunya berempati dan menjadi lebih maju ketika selalu melek teknologi, lantas bagaimana menguatkan dan memajukan kebudayaan itu sendiri?

Seimbangkan gaya hidup kita dengan mengikuti ragam aktifitas seni budaya. Seni budaya di sini berarti kesenian yang umum dikenal ya jadi ada seni visual seperti lukis, pahat, foto, gerak tari dan seni auditif seperti musik. Salah satu metode pendidikan zaman now itu dikenal dengan STEAM kepanjangan dari Science, Technology, Engineering, Art, and Mathematic. Sebelumnya hanya STEM saja tanpa Art.

Contoh pengakuan dunia internasional terhadap ranah seni budaya Indonesia itu cukup banyak lho tahun ini. Selain gelar juara Grand Prix Paduan Suara Eropa yang diraih tim Indonesia, komponis muda Indonesia Nursalim Yadi Anugerah diundang menghadiri Pekan Komposer Muda Internasional di Belanda. Bahkan ranking internasional tertinggi (Ranking 24) untuk perguruan tinggi Indonesia di tahun 2017 diraih oleh Program Studi Seni Pertunjukan dari Institut Seni Indonesia Yogyakarta, mengatasi UI, ITB, UGM.

Jadi bukan hanya jangan malu menjelajah bakat senimu, tapi jelajahlah lebih sehingga menjadi seimbang dengan dua karakter lain di atas.

Nah, demikianlah ulasan tiga karakter pelajar zaman now. Memupuk empati sebagai landasan komunikasi dan gotong royong, melek teknologi untuk terus membaharui dan mengembangkan praktik hidup, dan terakhir bercita rasa estetis atau seni mendalam. Semoga kita semua sukses mencapainya ya. Amin.

 

https://www.quipper.com/




Share This Post To :

Kembali ke Atas

Artikel Lainnya :




Silahkan Isi Komentar dari tulisan artikel diatas :

Nama :

E-mail :

Komentar :

          

Kode :


 

Komentar :


   Kembali ke Atas